Untuk maju menjadi calon gubernur dan wakil gubernur disamping dicalonkan dari partai pengusung ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk didaftarkan ke KPU yaitu :

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa yang dinyatakan dengan pernyataan dari yang bersangkutan.
  2. Setia dan taat kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Pemerintah yang sah yang dinyatakan dengan surat pernyataan dari yang bersangkutan.
  3. Tidak pernah terlibat dalam kegiatan yang menghianati Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945 yang dibuktikan dengan surat keterangan dari Pengadilan Negeri setempat.
  4. Berpendidikan sekurang kurangnya Sekolah Lanjutan Tingkat Atas dan atau sederajat yang dibuktikan dengan ijazah pendidikan formal yang dilegalisir oleh instansi yang berwenang atau dibuktikan dengan surat keterangan lain dari yang berwenang dan diligalisir oleh yang berwenang.
  5. Berumur sekurang kurangnya 30 (tigapuluh) tahun pada saat pendaftaran yang dibuktikan dengan identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau identitas lain berupa Surat Kenal Lahir atau Akte Kelahiran.
  6. Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter Rumah Sakit Pemerintah.
  7. Nyata nyata tidak terganggu jiwa atau ingatan yang dibuktikan dengan surat keterangan dari Rumah Sakit Jiwa Pemerintah.
  8. Tidak pernah dihukum penjara karena melakukan tindak pidana kriminal yang dibuktikan dengan surat keterangan dari Pengadilan Negeri setempat.
  9. Sedang tidak dicabut hak pilihnya berdasarkan keputusan Pengadilan Negeri yang dibuktikan dengan surat keterangan dari Pengadilan Negeri setempat.
  10. Mengenal Daerah Propinsi Jawa Tengah yang dibuktikan dengan surat pernyataan diri yang bersangkutan dan dikenal oleh Masyarakat Provinsi Jawa Tengah.
  11. Menyerahkan daftar kekayaan pribadi yang dibuktikan dengan mengisi formulir yang disediakan oleh KPU.
  12. Pas foto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 7 (tujuh) lembar
  13. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebanyak 7 (tujuh) lembar.
About these ads