Pilkada walikota Semarang pada bulan April 2010 mendatang didominasi dari kalangan PNS. Diantaranya adalah Soemarmo mantan Sekda, M. Farchan dari Bappeda dan Mahfudz Ali yang saat ini menjabat wakil walikota. Munculnya satu calon dari unsur swasta yaitu Nur Satoto nampaknya kalah tenar dengan ketiga calon tadi yang dari PNS. Nama nama diatas saat ini sudah menggalang kekuatan dan membentuk relawan relawan, namun belum ada partai yang resmi mencalonkannya.

Dari pantauan sementara Soemarmo mengungguli calon yang lain perihal ketenarannya. Sedangkan urutan kedua M. Farchan dari Bappeda yang selalu punya ide ide membangun kota. Urutan ketiga Mahfudz Ali nampaknya ini akan mendapatkan dukungan penuh dari walikota yang akan digantikannya.

Dominasi cawali dari kalangan PNS ini menandakan kekuatan bersaing menuju walikota membutuhkan dana yang banyak. Disamping itu jejaring yang dimiliki di birokrat harus dikuasai untuk pencalonan walikota saat ini. Mengandalkan perolehan suara dari masyarakat akan susah bila kocek tidak tebal. Alasan ini yang disampaikan masyarakat baru baru ini dalam suatu hasil survey terbatas siapa calon walikota yang anda kenal.