Jepara, PelitaOnline –EMPAT pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Jepara, Jawa Tengah, Rabu (14/12), dinyatakan lolos verifikasi oleh Komisi Pemilihan Umum setempat.

“Calon yang memenuhi persyaratan berhak ditetapkan sebagai pasangan calon pada Kamis (15/12),” kata Ketua KPU Jepara Muslim Aisha usai penyampaian dan pengumuman hasil verifikasi pasangan bakal calon di KPU Jepara yang dihadiri tim kampanye masing-masing pasangan bakal calon dan partai pengusung di Jepara.

Keempat pasangan bakal calon yang lolos verifikasi itu yakni Yuli Nugroho – Nuruddin Amin yang diusung PDIP, PKB, PKS, PKNU, PDS, PKPB, dan PKP, Chaeron Syariefudin – Ahmad Ja’far diusung Partai Demokrat dan Hanura, Ahmad Marzuki – Subroto diusung PPP, PAN, dan PKPI, serta Nur Yahman – Aris Isnandar yang diusung Partai Golkar dan Gerindra.

Bakal pasangan calon tidak ada yang hadir dalam acara tersebut, sebab tidak ada kewajiban untuk hadir.Sedangkan pada acara penetapan dan penentuan nomor urut pasangan calon, katanya, semua pasangan bakal calon wajib hadir.

Semua pasangan calon, menurutnya, memiliki gelar sarjana, bahkan ada yang sudah lulus S2, sehingga diharapkan calon terpilih bisa membawa kemajuan Kabupaten Jepara menjadi lebih baik lagi.

Terkait dengan legalitas ijazah semua calon, tidak ada masalah, meskipun KPU Jepara harus melakukan klarifikasi legalitas ijazah hingga ke luar jawa, karena ada calon yang menempuh pendidikan di luar jawa.

“Sebelum menyerahkan berkas persyaratan, para calon terlebih dahulu berkonsultasi dengan KPU Jepara, karena setelah penyampaian hasil verifikasi tidak ada lagi kesempatan untuk memperbaikinya,” ujarnya.

Untuk meminimalkan kesalahan, mayoritas calon memanfaatkan waktu yang tersedia, sehingga penyerahan berkas dan data persyaratan dilakukan pada batas akhir waktu penyerahan.

Terkait dengan penyampaian harta kekayaan calon, kata Muslim, masih menunggu hasil analisa oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).Apalagi, lanjut dia, persyaratan yang dibutuhkan oleh masing-masing calon adalah tanda terima laporan daftar kekayaan calon dari institusi tersebut.

Diharapkan, sosialisasi dan mobilisasi massa yang dilakukan oleh keempat pasangan bakal calon bisa meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya pada Pilkada Jepara yang akan digelar pada 29 Januari 2012.

Sementara itu, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada Jepara 2012 sebanyak 821.316 pemilih, meliputi pemilih laki-laki sebanyak 409.809 pemilih dan perempuan sebanyak 411.507 pemilih.

Jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 16 kecamatan, sebanyak 1.733 TPS, terbanyak terdapat di Kecamatan Bangsri sebanyak 158 TPS, disusul Kecamatan Tahunan sebanyak 136 TPS, sedangkan paling sedikit di Karimunjawa sebanyak 19 TPS.